BPBD Pekanbaru Imbau Masyarakat Giatkan Gotong Royong Cegah Terjadi Banjir

Zarman Chandra SSTP MSi

Laporan Candra Gunawan

Pekanbaru

          SETAKAT ini, cuaca Kota Pekanbaru diperkirakan memasuki musim hujan.  Menyikapi hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru menghimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai potensi banjir.Terutama masyarakat yang bermukim di daerah bantaran sungai. Bahkan, musim hujan akan terus berlansung hingga bulan November mendatang dengan intensitas hujan yang sedang dan tinggi.

"Kami menghimbau kepada masyarakat supaya selalu giat melakukan gotong royong membersihkan drainase-drainase yang ada di lingkungan tempat tinggal. Ini tujuanya tentu bisa mencegah terjadinya banjir jika hujan tiba, "terang Kalaksa Pekanbaru Zarman  Chandra  SSTP MSI kepada Kiblatriau.com saat dijumpai di ruang kerjanya Selasa (11/09/22) siang.

Sambung Zarman, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan selalu melakukan monitoring di daerah yang selalu rawan terjadi banjir.

"Harapanya tentu dengan upaya yang kita lakukan dengan melakukan pengerukan dan pembersihan drainase. Semoga kedepanya tidak ada lagi terjadinya banjir seperti tahun sebelumnya," ujar Zarman.

Dipaparkan Zarman, bahwa bila dilihat sekarang ini jika terjadi hujan beberapa jalan yang biasanya jadi langganan banjir tapi sudah tidak ada lag. "Ini dikarenakan sungai dan draiase sudah dilakukan normalisasi dan pembersihan sehingga jika hujan turun maka air akan lancar melewati drainase yang sebelumnya sudah dibersihkan. Selain itu, peran serta dari Pj walikota yang memerintahkan beberapa stakeholder yang terkait untuk melakukan perbaikan dan pembersihan, sehingga apa kendala yang dihadapi bisa diselesaikan dengan baik," tutur Zarman. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar